Cerita Mencari Katering Sehat untuk Isolasi Mandiri di Jakarta

April 14, 2022


Dua bulan lalu, saya mendapat pesan dari adik pertama saya yang sudah tiga tahun terakhir ini menetap di ibukota. Pesannya tidak disampaikan dengan kata-kata. Melainkan lewat tulisan. Perasaan saya sudah tidak enak ketika melihat pesan tersebut muncul di notifikasi. Wah apalagi nih, batin saya. Dan ternyata betul. Ternyata saya dikirim foto dari hasil swab test. Kalau negatif pasti berita ini tidak perlu sampai Roma.

Sudah 2 tahun saya tidak jumpa dengannya. Memang terakhir saya mudik saat awal-awal pandemik. Lima bulan setelahnya, tepatnya di bulan Juli 2020 saya memutuskan pulang ke Roma. Dari tahun 2020 hingga saat ini saya belum beranjak dari Roma. Padahal rencana pulang ke Indonesia sudah berkali-kali dicanangkan. Jadi kalau ditanya kapan terakhir bertemu adik saya, ya waktu saya diantar ke Bandara Soekarno Hatta dua tahun silam. Meskipun begitu, kami masih saling bertukar kabar, seputar keadaan bapak ibu, saudara, pekerjaan dan urusan pribadi lainnya. 


Kabar yang saya dengar saat itu bukanlah kabar yang saya inginkan. Tinggal di ibukota bukanlah hal yang mudah. Apalagi di tengah situasi seperti pandemik saat ini. Memang hidup itu serba memilih. Tapi tidak dengan hasil positif Covid.

Saya cukup kepikiran saat itu. Ya memang adik saya ini juga sudah besar. Namun tinggal seorang diri dan harus isoman tentu harus pintar-pintar atur strategi khususnya soal makanan. Walaupun adik saya ini jarang masak, tapi kalau harus pesan antar makanan 3 kali sehari selama karantina mandiri, saya rasa kurang bijak. Enggak lucu kalau nanti sembuh tapi yang sakit gantian dompetnya hehe. Jadi saat itu, saya dan adik saya sepakat untuk katering beberapa hari. Yang terpenting selain kebutuhan makan terpenuhi, kebutuhan gizi juga harus terpenuhi dengan baik. 


Setelah penelusuran beberapa jam di internet dan rekomendasi dari beberapa teman yang berdomisili di Jakarta, munculah mana Soul in a Box yang masih cukup asing di telinga saya. Belakangan saya baru tahu kalau Soul in a Box sudah beroperasi sejak tahun 2017, berawal dari dapur rumahan dan kini sudah berkembang dan mampu melayani pesanan hingga 3.000 porsi setiap harinya! Salut saya dengan industri rumahan yang bisa berkembang seperti ini.

Sambil berdiskusi tentang menu catering, kami juga intip-intip website Soul in a Box. Baik saya maupun adik yang harusnya fokus untuk pesan katering isoman malahan jadi cek menu lain seperti nasi boks, catering sehat, catering diet, tumpeng mini hingga prasmanan. Wah selengkap itu! Menariknya, di Soul in a Box tidak ada minimum pemesanan untuk kateringnya. Sedangkan di katering Jakarta lain, umumnya katering baru dilayani untuk pemesanan selama satu minggu penuh.

Waktunya makan siang pejuang isoman. | Fotografi Dok. Listyan Putri

Saya yang berdomisili di Roma justru menjadi orang yang tidak sabar untuk memesan katering ini. Padahal ya bukan saya yang akan makan. Meski tidak berada di negara yang sama dan terdapat perbedaan zona waktu, admin Soul in a Box sangat responsif melayani pesanan kami. Saya juga dapat rekomendasi dari admin untuk pilihan menu katering untuk pasien yang harus isolasi mandiri.

Selama pemesanan katering dengan Soul in a Box, benar-benar enggak ribet dan less drama. Saya pesan lewat chat whatsapp, pilih menu, bayar dan dikirim keesokan harinya. Selain pelayanan, ada beberapa keunggulan Soul in a Box yang menjadi pertimbangan saya di awal sebelum melakukan pemesanan, seperti:

Halal dan Higienis

Fyi, nemu katering yang sudah bersertifikat Halal MUI dan memiliki sertifikasi higienis sanitasi, ISO serta CHSE bukanlah perkara yang mudah. Kalau sudah bersertifikasi seperti ini bisa dijamin proses produksinya juga sudah sesuai standar karena makanan sehat berasal dari dapur bersih bukan?


Di balik layar katering sehat Soul in a Box. | Fotografi Dok. Soul in a Box

No Minimum Order

Saat tahu kalau Soul in a Box tidak ada minimum order, wah lega rasanya. Karena tujuan kami pesan katering agar adik saya ini enggak pusing mikirin mau makan apa. Apalagi adik saya hobi makan. Jadi senang banget waktu tahu pesan katering Soul in a Box bisa disesuaikan dengan kebutuhannya selama menjalani isolasi mandiri.

Asupan gizi terpenuhi, tanpa minimum order,
dan gratis ongkir untuk beberapa wilayah di Jakarta. Kok enak banget sih :(
Fotografi Dok. Soul in a Box

Menu Variatif

Waktu chat dengan admin Soul in a Box, saya disodori menu yang sangat variatif setiap harinya. Rupanya Soul in a Box ini didukung oleh chef yang tidak hanya handal dengan menu Nusantara saja, tapi juga Western, Oriental hingga Jepang. Lengkap ya!

Fotografi Dok. Listyan Putri & Soul in a Box

Harga Paket yang Bersahabat

Ini juga yang paling penting. Di jaman yang semua serba mahal, termasuk katering, waktu tahu nasi kotak Soul in a Box harganya kurang dari Rp 50 ribu, rasanya masih enggak percaya. Bahkan paket isoman harganya mulai dari Rp 30 ribu!


Mantul banget kan harganya. Harga segitu lengkap dengan protein hewani.
Fotografi Dok. Soul in a Box

Pilihan Menu untuk Acara Spesial

Selain menu nasi boks, ada banyak pilihan pelayanan dari Soul in a Box. Mau pesan katering untuk acara pernikahan? Bisa. Butuh nasi kuning untuk acara ulang tahun mulai dari paket tumpeng mini maupun ukuran besar, juga bisa. Menariknya lagi, buat teman-teman yang berencana mengirim hampers untuk keluarga atau kerabat, Soul in a Box menyediakan paket hampers yang menunya bisa dipilih mulai dari menu Nusantara, menu Minang, menu Yogyakarta dan masih banyak lagi. Wah menu hampers ini sepertinya cocok juga untuk teman-teman yang libur Lebaran nanti akan ditinggal mudik asisten di rumah, karena Soul in a Box menyediakan porsi untuk 3 dan juga 5 orang.


Kalau saja hampers ini bisa dikirim sampai Roma :') | Fotografi Dok. Soul in a Box

Oh iya, untuk teman-teman yang bekerja di korporasi dan sering pesan nasi boks maupun snack untuk acara kantor seperti meeting hingga gathering, tenang, di Soul in a Box juga menyediakan paket snack mulai dari harga Rp 17 ribu untuk minimal pesanan 25 pax dan juga paket prasmanan untuk minimal pesanan 100 pax. 

Anak kost yang enggak mau ribet nyiapin makanan untuk buka puasa dan sahur juga bisa ikutan pesan nasi boks-nya Soul in a Box, karena pelayanannya lengkap enggak cuma bisa dikirim sebelum buka puasa, tapi juga saat waktu sahur tiba! 

Anyway, setelah melewati masa isolasi mandiri di kost-an, adik saya akhirnya sembuh dari Covid dan sudah mulai masuk kantor lagi. Kalau teman-teman mau coba katering, bekal untuk buka puasa dan sahur atau bahkan kirim-kirim hampers, silahkan ditengok website Soul in a Box yang ciamik di sini. Dijamin langsung ngiler :)

Sampai jumpa di cerita berikutnya, selamat menjalankan ibadah puasa untuk yang menjalankan, tetap taati prokes dan semoga semuanya sehat selalu!

xoxo,

Listyan Putri

--

#Soulinabox #Catering #CateringJakarta #KateringSehat #nasibox #Cateringdiet #Mealbox #NasiKotak



You Might Also Like

0 comments

Subscribe