MASAK DI RUMAH: Spaghetti con Calamari al Limone

March 15, 2022

Rasanya spaghetti menjadi salah satu jenis pasta yang paling terkenal di Indonesia. Paling mudah dijumpai di restoran, dan selalu diidentikkan dengan saus bolognese. Di Italia ada beragam jenis pasta dengan berbagai macam bentuk, bahan dasar, ukuran, hingga warna yang cukup variatif. Ibarat orang Indonesia belum dikatakan sudah makan kalau belum ketemu nasi, sama halnya di Italia, belum makan kalau belum ketemu pizza atau pasta. 

Spaghetti con Calamari al Limone
Menu favorit yang gampang dicoba dan anti ribet | Fotografi Dok. Listyan Putri

Kali ini saya akan mengupas sedikit salah satu menu masakan favorit saya. Spaghetti Calamari al Limone. Namanya boleh ke barat-baratan, tapi sudah bisa ditebak nama versi Indonesianya. Ya, Spaghetti Cumi rasa Lemon. Di apartemen saya selalu menstok spaghetti. Saya dulu seringkali beli berbagai macam pasta, sambil coba-coba bentuk yang lain. Ada penne, fusili, regetoni, bucatoni dan masih banyak lagi. Lambat laun, sudahlah memang dasar orang Asia, spaghetti lebih bersahabat di lidah karena teksturnya seperti mensubtitusi peran mie instan yang terkadang sulit ditemui di supermarket terdekat.

By the way, saya tidak jago masak. Cuma memang hobi masak karena tuntutan hidup. Bahan-bahan yang saya gunakan tidak neko-neko. Sangat sederhana, mudah dicari dan semoga tidak bikin mager. Sebelumnya, pasta yang akan saya gunakan di sini adalah spaghetti, tapi kalau memang teman-teman ada yang lebih suka jenis pasta lain seperti fettuccini atau penne juga bisa dicoba. Bahan-bahan lain yang akan digunakan sama, hanya perlu adjust sedikit saat proses merebus pasta.

Bahan-bahan

  • Spaghetti
  • Garam
  • Cumi
  • Lemon
  • Kemangi atau peterseli (potong kecil-kecil)
Cara Memasak
  1. Masukkan air ke dalam panci. Rebus air hingga mendidih. Banyaknya air disesuaikan dengan porsi spaghetti yang akan dimasak. Pastikan seluruh permukaan spaghetti yang akan direbus masuk ke dalam air.
  2. Setelah air mendidih, masukan spaghetti ke dalam panci. Tuangkan garam secukupnya.
  3. Set timer! Ini wajib. Jika di dalam kemasan tertulis waktu 9 menit, artinya 9 menit spaghetti sampai di atas piring. Ini kalau teman-teman menginkan pasta al dente
  4. Setelah cukup direbus, ambil secangkir air dari air pasta yang telah direbus. 
  5. Saring spaghetti hingga kering.
  6. Siapkan cumi, potong sesuai selera.
  7. Kupas lemon, sisihkan kulitnya.
  8. Goreng cumi di atas wajan, taburi garam secukupnya, dan masukkan kulit lemon ke dalamnya. Masak sekitar 5 menit di atas wajan.
  9. Setelah cumi hampir matang, masukkan spaghetti ke dalamnya. Tuang air rebus yang ada di cangkir, sedikit demi sedikit, hingga dirasa spaghetti tidak terlalu kering. Masak kurang lebih 2 menit.
  10. Setelah masak, matikan kompor. Beri perasan lemon di atas spaghetti.
  11. Sajikan spaghetti di atas piring, tambahkan peterseli atau kemangi di atasnya.
Nah mudah kan? Selain bahan baku mudah dijumpai di pasar atau supermarket, resep di atas sangat sederhana dan tentu saja lebih sehat karena kita tidak perlu menambahkan bumbu instan. Oh ya, di Italia mereka jarang sekali memasukkan bawang putih atau bumbu yang macam-macam. Jadi kalau teman-teman praktekkan resep di atas, kurang lebih seperti itulah rasa pasta di restoran yang ada di Italia. Selamat mencoba. Buon appetito!
--
xoxo,
Listyan Putri

You Might Also Like

0 comments

Subscribe