5 Gaya Modis untuk Lebaran Meski #dirumahaja

May 19, 2020


Wah enggak terasa ya sebentar lagi Bulan Ramadan akan usai. Hari nan fitri pun kini tinggal menghitung hari. Tahun-tahun sebelumnya, mendekati hari lebaran, pasti banyak diantara kita yang mulai sibuk menyiapkan zakat, persiapan mudik, oleh-oleh untuk saudara di kampung halaman hingga belanja baju lebaran. Meski tahun ini sedikit berbeda, tapi tidak berarti mengurangi makna dari Idul Fitri itu sendiri.

Setelah satu tahun belakangan ini kita #dirumahaja, pasti ada beberapa hal kecil yang akhirnya tidak disadari menjadi sebuah kebiasaan. Misalnya, belanja online. Entah itu beli sayur, pesan makanan, perabot atau yang paling sering, ya belanja baju. Hayo siapa di sini yang sudah jauh-jauh hari menyiapkan baju Lebaran? 

Saya pribadi kebetulan udah lama nih enggak pernah beli baju lebaran. Mungkin terakhir beli sekitar tahun 2014 kali ya, waktu saya masih tinggal di Bali. Tahun-tahun berikutnya pun saya tidak pernah secara khusus membeli baju untuk hari raya. Biasanya beli baju juga karena butuh mau kemana atau ada acara khusus yang mengharuskan pakai baju tertentu. 

Nah, buat yang belum sempat beli baju lebaran, enggak ada salahnya coba bongkar-bongkar lemari, sambil contek beberapa gaya di bawah ini siapa tahu bisa menginspirasi. Ah tapi lebaran kan cuma #dirumahaja. Iya memang, tapi di Lebaran yang spesial ini, sayang rasanya kalau kita melewatkan tanpa mengabadikan momen foto bersama keluarga di rumah atau virtual photo bareng teman atau saudara jauh. Yuk, kita intip beberapa gaya Lebaran meski di rumah aja!

1. Padu Padan Denim-Jeans

Fotografi https://www.instagram.com/hijab._beauty._/

Siapa penggemar denim di sini? Saya yakin di dalam lemari kita pasti ada 1-2 potong baju atau celana dengan bahan denim. Memadukan atasan dari bahan denim dan jeans sah-sah aja kok. Apalagi kalau tone warna celana jeans dipilih satu tingkat di atas atau di bawah atasan denim yang akan dipakai. Lho, memang apa bedanya denim dengan jeans? Selama ini memang kita terbiasa dengan istilah jeans atau menyebut baju bahan jeans. Secara sederhana, denim ialah bahan atau materialnya, sedangkan jeans adalah celana yang terbuat dari bahan denim. Jangan kebalik ya!

2. Modis dengan Rok Plisket
Fotografi https://www.instagram.com/withloveleena/

Rok Plisket memang tengah tren dewasa ini. Mau dipakai di acara formal maupun casual tetep masuk. Kuncinya ada di atasan yang kita pilih. Atasan lengan panjang atau sweater buktinya enggak bikin penampilan kamu jadi drop

3. Monokrom yang Chic
Fotografi http://fashion.maverahome.com/

Penggemar warna netral dan suka main aman, pasti suka sama gaya yang satu ini. Apalagi kalau yang sudah punya pakaian dengan set seperti ini. Biar enggak monoton, jangan lupa ganti kerudung dengan warna yang lebih terang ya!

4. Kombinasi Scarf
Fotografi https://stylecaster.com/belting-scarf-trend/

Bosan dengan koleksi baju yang ada di lemari? Mungkin tahun ini bisa dicoba untuk menggali ide lebih kreatif dengan scarf. Kalau kamu punya scarf atau pashmina yang ukurannya cukup besar, 'membungkus' badan dengan kain tersebut bisa dijadikan alternatif juga lho. Selain praktis, tren seperti ini cocok untuk kamu yang tinggal di daerah berhawa dingin. Jangan lupa siapkan belt atau obi yang senada! 


5. Playing with Pattern

Fotografi https://nicheh.com/

Kata siapa baju motif enggak cocok dipakai untuk Lebaran? Koleksi baju kasual sah-sah aja kok dipilih untuk hari raya. Kalau kamu punya banyak koleksi atasan dengan motif playful, jangan ragu buat keluarin dan padankan dengan bawahan yang enggak kalah modis! Lho, nanti tabrakan donk motifnya. No, selama warna atasan dan bawahan masih dalam tone yang berdekatan misalnya kuning-putih-oranye atau maroon-putih-pink dan masih banyak lagi, gaya seperti ini sangat cocok untuk menambah keriaan di hari raya.

6. Boyish Style

Fotografi https://www.babe.news/

Pakaian yang nyaman tidak hanya menunjang penampilan, tapi juga aktivitas yang akan kita lakukan. Terlebih lagi di Indonesia yang beriklik tropis. Selain model pakaian, dua hal yang tidak boleh dianggap sepele adalah cutting dan material. Kalau kamu terbiasa memakai baju dengan potongan loose, jangan pernah memaksakan diri untuk memakai baju dengan cutting yang pas badan kalau memang itu tidak membuatmu nyaman. Bahan seperti katun atau linen sangat cocok digunakan di siang hari. Untuk kamu si penggemar baju longgar, memakai kemeja ukuran cowok juga sah-sah saja. Cari ukuran 1 size di atas ukuran asli kamu. Untuk mengimbangi atasan yang sudah 'besar', pilihlah celana dengan potongan sederhana seperti skinny, tapered atau cropped.

Itu tadi beberapa gaya inspirasi untuk kamu yang akan bersiap merayakan Lebaran #dirumahaja. Tanpa baju baru bukan berarti lebaran kita enggak afdol, seperti apa yang dikatakan hadis Al Hakim dalam Al Mustadrak 'alaa Al-Shohihain :

Dari Zaid bin Al Hasan bin Ali, dari ayahnya, radliyallahu ‘anhuma, ia berkata : Kami diperintahkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa Sallam pada hari hari untuk memakai pakaian yang ada dan memakai wangi-wangi dengan apa yang ada”

Memang tanpa bisa kita pungkiri, perayaan Idul Fitri tahun ini terasa sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebagian tidak bisa mudik dan berkumpul dengan keluarga, sebagian juga tidak bisa membeli baju baru, tapi yang tidak boleh kita lupa, ada sebagian diantara saudara-saudara kita yang harus merayakan Idul Fitri dengan suasana penuh keprihatinan, duka, kehilangan pekerjaan hingga kehilangan anggota keluarga. Yuk, mari kita syukuri apa yang kita miliki sekarang. Less is more. Selamat merayakan Idul Fitri teman-teman semua, maaf lahir batin :)



__
xoxo,
Listyan

You Might Also Like

0 comments

Subscribe