Campus Tour : (Mendadak) Jalan-jalan di Salah Satu Kampus Tertua di Italia

January 27, 2020

Suatu hari pernah ada salah seorang teman di Indonesia whatsapp saya, tanya saya lagi di luar (apartemen) enggak. Kebetulan saat itu saya sedang berada di rumah kawan, dan  buru-buru ke kampus. Dia pikir saya mau kuliah, karena sebenarnya dia mau ngajakin video call buat ngelihat pemandangan yang sehari-hari saya lalui. Tapi karena saat itu saya beneran buru-buru ngejar jadwal tram berikutnya, saya spontan bilang "Oke, ntar kita video call ya, ngejar tram nih" yang berujung saya lupa beneran donk sampai saya pulang lagi ke rumah xD

Hari itu sebenarnya masa libur Natal dan tahun baru. Jadwal kuliah udah kosong dari minggu kedua Desember. Cuma karena suatu hal yang niat sesungguhnya terasa janggal, yakni berniat kerjain tugas di musim liburan dan ambil materi dari website kampus tapi akhirnya gagal karena lupa password akun sendiri di website kampus dan harus ke kampus karena mau minta reset ulang, jadilah perjalanan ngejar tram menuju kampus berakhir sia-sia karena kampus beneran masih tutup dong!

Meski kegatan di kampus diliburkan tapi saya rasa masih ada beberapa aktivitas non-reguler di sana. Saya juga ketemu beberapa orang di sana, walaupun cuma petugas kebersihan dan watertank-nya, segelintir mahasiswa yang lalu lalang dan jujur saya enggak tahu ngapain juga mereka ke kampus libur-libur gini, apakah serupa dengan nasib saya yang sama-sama lupa password akun sendiri.

Dan tiba-tiba terlintas aja ide foto-foto di kampus, selagi cuaca winternya masih bersahabat dan langitnya masih biru bersih. Kapan lagi kan dapet foto kampus pas lagi sepi-sepinya. Tujuan foto-foto pun cuma buat disimpen aja di album, buat kenang-kenangan kalau udah lulus nanti. Eh baru kepikiran beberapa hari lalu buat nulis di sini di sela-sela bosennya belajar nyiapin ujian.

Sebagai pengantar, saat ini saya kuliah di Sapienza University of Rome atau kalau versi lokalnya Sapienza Universita di Roma dan secara formal disebut Universita degli Studi di Roma "La Sapienza". Ribet ya hehe, maap! Sapienza ini termasuk salah satu kampus terbesar di Eropa dan tertua karena udah berdiri dari tahun 1303. Konon, kata Wikipedia, saat ini ada 140,000 mahasiswa yang menimba ilmu di sana. Di mana persisnya lokasi Sapienza? Di pusat kota Roma. Untuk jurusan teknik sendiri kampusnya ada di belakang Colosseo! Jadi, ke Colosseo bukanlah suatu kemewahan untuk anak teknik Sapienza haha. Nah, kalau saya sendiri ambil Master jurusan Fashion Science yang mana kampusnya bareng sama anak Filosofi tapi enggak di belakang Colosseo ya, karena kebetulan kelas Fashion Science terletak di Main Campus. Seperti apa suasana di Main Campus, ini dia beberapa potret pemandangan kampus sehari-hari saat musim dingin.

Ini adalah gerbang masuk kampus yang biasa saya lalui, walaupun bukan gerbang utama tapi area ini bikin seger, karena dekat taman apalagi kalau udah musim gugur attau semi, cantik banget di sini


Persimpangan pertama dari ruas gerbang tadi, nah di depan sana adalah kampusnya anak Politik
Fotografi Dok. Listyan Putri

Ini dia taman yang letaknya dekat gerbang tadi. Kalau musim dingin beberapa mahasiswa suka tidur-tidur di sini buat cari sinar matahari. Kalau musim panas? Jangan ditanya, udah kaya pepes, berjemur semua di taman ini berasa di pantai :D
Fotografi Dok. Listyan Putri

Area parkir di depan gedung Ciao! atau Hello Desk nya Sapienza. Nah, bangunan di sisi kiri itu yang harusnya saya tuju buat reset ulang password, eh tapi tutup :(
Fotografi Dok. Listyan Putri



Persimpangan menuju gedung rektorat dan juga jurusan saya :)
Fotografi Dok. Listyan Putri


Ini dia tampilan depan Prodi Lettere e Filosofia. Tangga-tangga di sana biasanya jadi tempat ngerokok anak-anak atau area perayaan graduation
Fotografi Dok. Listyan Putri


Ini adalah bagian belakang dari prodi Lettere e Filosofia tadi yang tidak lain adalah museum.
Kapan-kapan deh saya fotoin dalemnya.
Fotografi Dok. Listyan Putri


Ini dia pintu masuk musiumnya (Museo Dell'Arti Classica) yang juga jadi jalan pintas masuk ke kelas.
Fotografi Dok. Listyan Putri


Kalau ini taman di depan tangga-tangga kampus Lettere tadi  yang anak-anak juga biasa nongkrong
Fotografi Dok. Listyan Putri


Kurang lebih seperti ini nih penampakan bangunan kampus saya (Lettere e Filosofia)
Fotografi Dok. Listyan Putri





Tampilan depan gedung rektorat
Fotografi Dok. Listyan Putri


Area terowongan yang di antara kampus saya dan gedung rektorat dan sampai sekarang masih enggak tahu mobil itu beneran ada yang punya atau cuma pajangan.
Fotografi Dok. Listyan Putri




Suka banget sama bangunan ini, walaupun enggak tahu ada kelas apa aja di dalam sana hehe.
Fotografi Dok. Listyan Putri


Kalau ini kampusnya anak Farmasi
Fotografi Dok. Listyan Putri


Bangunan kuning kecil ini adalah fotocopy centrenya. Kalau mau fotokopi atau ngeprint di sini self-service ya, tarifnya 10 cent per lembar.
Fotografi Dok. Listyan Putri


Di sisi kanan adalah kantor BEM, Bank Unicredit dan Poste (kantor pos), kalau di sisi kiri pusat pelayanan administrasi dan daftar ulang.
Fotografi Dok. Listyan Putri


Tampak samping kantor pos di kampus. Salah satu yang disuka dari kampus ini adalah tersedianya ramp di setiap bangunan.
Fotografi Dok. Listyan Putri


Toko merchandise di depan gerbang masuk.
Fotografi Dok. Listyan Putri


Karena mokapot adalah kunci :)
Fotografi Dok. Listyan Putri

Beberapa koleksi merchandise kampus yang ditampilkan dalam suasana Natal.
Fotografi Dok. Listyan Putri



Kantor pos kampus dan penampakan gerbang masuk. Udah bisa kebayang kan?
Fotografi Dok. Listyan Putri

Oke, sampai sini dulu ya jalan-jalan di kampus saya yang serba dadakan yang difoto cuma pakai handphone dan tanpa editan. Engga bisa motret banyak karena kegedean kampusnya dan sempet ditanya security juga ngapain ke kampus haha (iyasih....).
Kapan-kapan lagi deh saya sharing cerita gimana sistem kuliah dan ujian di sini, yang jelas beda banget sama di Indonesia. Atau ada yang punya ide cerita lain, kasih tahu ya!



--
Roma, 28 Januari 2020
05:19 AM































You Might Also Like

0 comments

Subscribe